Thursday, October 11, 2012

wedding, marriage, and other things in between.


"Based on some closest friends' experiences, wedding should be spontaneous & less stressful. A good way to start the bigger thing : marriage."

***

Kebahagiaan saat menghadiri pernikahan orang-orang terdekat, adalah sebuah perasaan yang hampir tidak ternilai harganya. Karena, yang benar-benar tidak ternilai itu sebenarnya ketika kita mengetahui proses absurd dibaliknya, dan saat dengan entah bagaimana caranya, tiba-tiba hal-hal yang mereka jalani membuat kita mulai merasa terinspirasi.

Saya sudah menyaksikan setidaknya dua pernikahan (baik secara langsung maupun tidak) selama dua bulan terakhir ini, yang sangat memberikan banyak kepercayaan bahwa sebenarnya menikah itu sama sekali bukan hal yang mengerikan. Terutama soal segala hal yang mendahuluinya, yaitu memutuskan kapan dan bagaimana harus menikah.Tadinya saya pikir, dua hal tadi baru bisa terjawab setelah melalu proses rumit yang bertele-tele. Termasuk banyak perhitungan soal berapa banyak undangan yang hadir, seberapa besar mahar yang diberikan, dan berapa lama waktu yang ideal untuk mempersiapkan semuanya menjadi sempurna.

Tapi ternyata, beberapa orang sudah berhasil membuktikan, bahwa proses nya sama sekali jauh dari kata rumit. Mungkin lebih dekat ke kata, spontan. Dan ajaibnya semua hal yang dilakukan secara spontan, hasilnya akan jauh lebih terasa menyenangkan sekaligus mengejutkan, tapi juga mengharukan dan memorable. Lalu, hal-hal lain di belakangnya (yang cenderung banyak menyita emosi dan pikiran itu), akan tertutup oleh hal-hal yang lebih substansial. Pertanyaannya pun akan berubah. Bukan lagi kapan dan bagaimana, tapi untuk tujuan apa.Tentu saja lebih mudah menjawabnya, karena kita semua pasti mengerti, menikah itu untuk menenangkan jiwa dan menentramkan hati.

Mungkin beberapa orang lainnya, termasuk saya, belum sampai pada tahap menjawab pertanyaan tersebut, tapi masih terjebak mencari jawaban dari pertanyaan lain yang lebih membutuhkan kesabaran : "SIAPA". It's a lot easier now, i guess. Just find someone who makes you do things spontaneously and think substantially.

***


***

This week, my best friend is getting married. I know i will cry like a baby. 
Please someone, just hold my hand along the ceremony...
 






1 comment:

  1. Gue kok terharu ya baca posting ini ? Turut berbahagia dan support persahabatannya kerasa banget ...

    ReplyDelete